Latar
Belakang Penelitian
Di Era
globalisasi ini yang melanda dunia suatu peluang dan tantangan bisnis baru bagi
perusahaan yang beroperasi di Indonesia. Di satu sisi, era globalisasi
memperluas pasar produk, tetapi di sisi lain keadaan tersebut dapat menimbulkan
persaingan yang tajam, dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang
semakin canggih (Sitinjak, 2005). Kesadaran produsen akan kemajuan teknologi
informasi dan komunikasi dapat dijadikan peluang bisnis yang potensial bagi
perusahaan. Meningkatnya kebutuhan akan penggunaan teknologi telekomunikasi
dalam keshidupan saat ini disebabkan karena penggunaan telekomunikasi yang
dapat membantu meringankan pekerjaan oleh banyak produsen adalah handphone
(ponsel).
Saat ini,
perusahaan juga banyak menghadapi persaingan dalam usahanya, tidak hanya satu
organisasi saja yang mencoba untuk memenuhi kebutuhan konsumen tersebut tetapi
berbagai perusahaan guna mendapatkan pelaggan dan keuntungan yang maksimal. Hal
tersebut dapat memacu perusahaan untuk melakukan inovasi dari produknya, dengan
menciptakan keunikan dan kelebihan dari produknya agar dapat diminati dan
disukai oleh konsumen. Produk menjelaskan sebagai suatu komoditi yang dapat
ditukarkan, sedangkan merek menjelaskan pada spesifikasi pelanggannya.
Nokia merupakan
merek yang paling didominasi para konsumen dan sangat terjual cepat dipasaran
karena sudah dikenal kualitas dari merek tersebut. Serta Nokia merupakan market leader dalam dunia produk
didalam industry teknologi yang sudah dapat pangakuan dari masyarakat
Indonesia. Hal tersebut menginspirasikan perusahaan untuk meneliti pemasaran
dari suatu produk NOKIA yang bergerak dalam bidang gadget yaitu telepon
seluler. Dimana, pada saat ini tengah terjadinya persaingan yang sangat pesat
antara gadget-gadget lain, seperti BlackBerry, Samsung, dan iPhone. Keunggulan
dari NOKIA adalah dengan menggunakan teknologi layar datar, gambarnya lebih
jernih, dan suaranya lebih halus jika dibandingkan Nokia keluaran pertama.
Handphone Nokia juga memiliki Fitur yang beragam meskipun harganya relative
lebih mahal.
Masalah
Penelitian dirumuskan sebagai berikut :
1) Dengan semakin banyaknya perkembangan produk
gadget yang diciptakan. Apakah produk Nokia masih dapat diminati oleh konsumen?
2) Mulai dari gambar, suara, dan fiturnya
merupakan keunggulan dari Nokia. Apakah itu penting bagi konsumen?
Tujuan
Penelitian
Tujuan dari
penelitian adalah :
·
untuk
mengetahui segmentasi pasar apa yang akan dilakukan dalam memasarkan produk
Nokia.
·
Untuk
menganalisis perkembangan Handphone Nokia
·
Untuk
mengetahui keunggulan dari Handphone Nokia
·
Untuk
memenuhi Tugas Metode Riset.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar