PENDAHULUAN
Penelitian
pemasaran Televisi perlu dilakukan karena teknologi televisi telah mengalami
perubahan. Televisi muncul pertama kali sekitar Tahun 1930 dan mulai dipasarkan
sekitar Tahun 1950 dalam bentuk Televisi Cathode Ray Tube (CRT) atau Televisi
tabung sinar katoda. Seiring dengan perkembangan jaman, Televisi telah
mengalami perubahan secara perlahan Televisi model tabung sudah digantikan
dengan Televisi layar datar, seperti Televisi LCD (Liquid Crystal Display
Television) ataupun Televisi plasma. Saat ini produk Televisi sedang mengalami
persaingan pasar yang ketat. Persaingan ketat mengakibatkan konsumen semakin
kristis dalam memilih produk dan hal ini tergambar pada promosi ditempat
penjualan dan semakin banyaknya iklan dimedia.
Televisi
LCD mulai dikenal sekitar awal Tahun 2005. Dengan keunggulan menggunakan
teknologi layar laptop dan monitor layar datar, gambarnya lebih jjernih, lebih
ramping, lebih tahan lama, dan tidak memerlukan system pendinginan yang
berlebihan, sehingga suaranya lebih halus dibandingkan Televisi plasma.
Televisi LCD memiliki Fitur yang beragam meskipun harganya relative lebih
mahal.
Dalam
strategi pemasaran dikenal beberapa pengertian dasar, antara lain Segmentation,
Targeting, dan Positioning. Segmentasi pasar berarti suatu proses penempatan
para pembeli pada sebuah produk pasar menjadi kelompok sehingga para anggota
disetiap segmen memperlihatkan jawaban yang serupa terhadap strategi
positioning tertentu (Crowens dan Piercy, 2006:99). Targeting adalah proses
mengevaluasi daya tarik setiap segmen pasar dan memilih satu atau beberapa
segmen pasar untuk dijadikan sasaran (Kotter, 1997:235). Sedangkan Positioning
adalah tindakan yang dilakukan pemasar untuk membuat citra produk dan hal-hal yang
ingin ditawarkan kepada pasarnya berhasil memperoleh posisi yang jelas dan
mengandung arti dalam bentuk sasaran konsumennya (Kasali,1998:526).
Masalah
penelitian dirumuskan sebagai berikut :
1. Sejauh manakah Televisi LCD 32 inci diminati
oleh konsumen?
2. Gambar, suara, dan fitur merupakan atribut
yang penting dalam positioning produk Televisi LCD 32 inci. Apakah ketiga
atribut itu benar-benar penting dalam pandangan konsumen?
3. Segmentation, targeting, dan positioning yang
bagaimanakah yang perlu dilakukan dalam strategi pemasaran agar lebih banyak
produk Televisi LCD 32 inci dapat dijual?
TINJAUAN LITERATUR
Langkah
pertama proses pemasaran suatu produk
dimulai dengan segmentation, yaitu memilih variabel yang akan digunakan untuk
melakukan segmentasi pasar. Selanjutnya, membuat profil segmen pasar yang
diinginkan diikuti dengan menentukan keabsahan segmen yang akan muncul. Langkah
brikutnya adalah menetapkan strategi targeting yang bertujuan untuk menetapkan
target yang mana dan berapa banyak target akan dibuat dalam segmen pasar. Langkah
terkahir adalah positioning yang dilakukan pertama adalah dengan memahami
persepsi konsumen.
Hipotesis
Hipotesis
adalah suatu proporsi, kondisi atau prinsip yang untuk sementara waktu dianggap
benar meskipun barangkali tanpa didasari keyakinan, agar bias ditarik suatu
konsekuensi yang logis dan dengan cara ini kemudian diadakan pengetesan tentang
kebenaran nya dengan mempergunakan data empiris suatu hasil penelitian
(Supranto, 1993:30). Produk Televisi LCD semakin banyak di pasarkan dengan
berbagai merek karena produsen ingin lebih memperkenalkan Televisi LCD dengan
harga yang lebih murah untuk mengembangkan dan menawarkan teknologi terbaik kepada konsumen. Maka hipotesis awal (Ho)
yang dipakai dalam penelitian ini adalah bahwa tidak ada korelasi yang
signifikan antara segmentation, targeting, dan positioning produk Televisi LCD
32 inci sebagai strategi pemasaran (Null Hypothesis).
METODE PENELITIAN
Desain Penelitian
Desain
penelitian adalah penelitian deskriptif dengan tujuan untuk mendapatkan gambaran
mengenai factor yang mempengaruhi pengambilan keputusan oleh konsumen. Data yang
digunakan dalam penelitian ini diperoleh dengan metode survey dengan
menyebarkan kuesioner kepada responden.
Definisi Operasional Variabel Penelitian
1) Pengenalan pada merek Televisi LCD dengan
kategori 1 = Sangat kenal, 2 = Cukup kenal, 3 = Netral, 4 = Tidak kenal, 5 = Sangat
tidak kenal.
2) Permintaan pada Televisi LCD dengan kategori 1
= Ya, 2 = Sangat mungkin, 3 = Mungkin, 4 = Tidak mungkin, 5 = Sangat tidak mungkin.
3) Atribut Televisi LCD, yaitu tipe, harga,
kualitas gabar, merek, dan kelengkapan fitur dengan kategori 5 = Sangat
penting, 4 = Cukup penting, 3 = Penting, 2 = Tidak penting, 1 = Sangat tidak
penting.
4) Tipe Televisi LCD yang dipilih responden
dengan 5 kategori = Sangat menarik, 4 = Cukup menarik, 3 = Menarik, 2 = Tidak
menarik, 1 = Sangat tidak menarik.
5) Kualitas suara pilihan responpden dengan 5
kategori = Sangat jelas, 4 = Cukup jelas, 3 = Jelas, 2 = Tidak jelas, 1 =
Sangat tidak jelas.
6) Fitur yang disukai oleh responden dengan
kategori 5 = Sangat lengkap, 4 = Cukup lengkap, 3 = Lengkap, 2 = Tidak lengkap,
1 =Sangat tidak lengkap.
7) Harga yang dijual ditoko dengan kategori 1 =
Sangat mahal, 2 = Cukup mahal, 3 = Mahal, 4 = Murah, 5 = Sangat murah.
8) Garansi took : 1. < 1 Tahun ; 2. 1-2 Tahun
; 3. > 2Tahun.
9) After sales service took dengan kategori 5 =
Sangat mudah, 4 = Cukup mudah, 3 = Mudah, 2 = Sukar, 1 = Sangat sukar.
10) Sumber informasi
responden dalam membeli Telvisi LCD : Teman, Saudara/Keluarga, Internet,
Koran/Majalah, Televisi, dan Brosur.
11) Saran responden
mengenai produk Televisi LCD kedepan : Harga lebih murah, mudah diperoleh,
meningkatkan pelayanan terhadap konsumen, meningkatkan mutu produk Televisi
LCD.
Pengujian Instrumen Penelitian
Uji
Reliabilitas
Reliabilitas
adalah salah satu ciri utama instrument pengukuran yang baik. Suatu instrument pengukuran
dikatakan reliable bila memberikan hasil yang konsisten pada setiap pengukuran.
Alpha Cronbach adalah salah satu koefisien reliabilitas yang paling sering
digunakan. Alpha Cronbach dapat diinterpretasikan sebagai korelasi dari skala
yang diamati dengan semua kemungkinan pengukuran skala lain yang mengukur hal
yang sama dan menggunakan jumlah butir pertanyaan yang sama ( Uyanto,
2006:239-240).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar