Pemasaran
adalah kegiatan pemasar untuk
menjalankan bisnis (profit atau non-profit) guna memenuhi kebutuhan pasar
dengan barang dan jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta
mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai
tujuan prusahaan.
Unsur pokok dalam kegiatan pemasaran
adalah :
1. Pemasar
Pemasar adalah organisasi perusahaan atau perorangan yang mempunyai
tujuan tertentu bagi organisasi maupun pribadinya. Tujuan pemasar tersebut
misalnya keuntungan, survive, pangsa pasar, kesetiaan pelanggan, kesejahteraan
dan sebagainya yang harus dipenuhi. Pemasar mempunyai kapasitas (Sumberdaya,
Teknologi, dan Manajemen).
Pemasar dapat merupakan :
1) Produsen (umumnya berorientasi
terhadap keuntungan)
2) Organisasi ( belum tentu berorientasi
terhadap keuntungan)
3) Pemerintah (berorientasi terhadap
kesejahteraan umum)
2. Barang dan Jasa
Apapun bentuk sesuatu yang ditawarkan produsen untuk pemenuhan kebutuhan
dan keinginan konsumen. Barang dapat bersifat konkret, tidak konkret (jasa)
atau kombinasinya.
3. Pasar
Pasar adalah konsumen pribadi atau organisasi perusahaan yang mempunyai
kebutuhan dan keinginan yang berwujud sebagai permintaan terhadap barang atau
jasa. Pasar mempunyai kapasitas pertukaran (daya beli) untuk bisa memperoleh
barang yang diminta. Daya beli tersebut dapat berwujud penguasaan uang, barang
yang bernilai untuk ditukarkan ataupun kepercayaan orang lain bahwa mereka
mampu membayar.
4. Proses Pertukaran
Pertukaran adalah kegiatan dua pihak yang masing-masing memerlukan
sesuatu milik pihak yang lain sebagai usaha untuk pemenuhan kebutuhan dan
keinginan masing-masing. Pertukaran dapat dilakukan secara barter atau
transaksi penjualan denagn syarat-syarat yang disepakati secara layak oleh
kedua belah pihak. Dengan demikian, dalam setiap pertukaran selalu ada proses penciptaan nilai
tambah pada masing-masing pihak.
PERKEMBANGAN KONSEP PEMASARAN
Konsep pemasaran perusahaan falsafah atau anggapan yang dipercaya oleh
perusahaan sebagai dasar dari setiap kegiatannya untuk melayani kebutuhan
konsumen. Konsumen pemasaran ini dalam perjalanan waktuknya mengalami perkembangan
(evolusi pemikiran). Perkembangannya adalah sebagai berikut :
a)
Konsep produksi
Adalah anggapan pemasar
yang berorientasi kepada proses produksi (internal) bahwa konsumen hanya akan
membeli produk-produk yang murah. Dengan demikian, faktor kegiatan perusahaan
yang harus dilakukan adalah efisiensi biaya (produksi dan distribusi) agar
dapat menjual barang dengan muarah kepada konsumen.
b)
Konsep produk
Adalah anggapan pemasar
bahwa konsumen lebih menghendaki produk-produk yang berkualitas atau
berpenampilan baik.
c)
Konsep penjualan
Bahwa konsumen perlu
dipengaruhi agar penjualan dapat meningkat sehingga tercapai profit maksimum
sebagai tujuan perusahaan. Dengan demikian, fokus kegiatan perusahaan adalah
usaha-usaha meningkatkan cara-cara penjualan dan kegiatan promosi yang intensif
agar mampu mempengaruhi, membujuk (bahkan mungkin memaksa) konsumen untuk
membeli sehingga penjualan dapat meningkat.
d)
Konsep pemasaran
Adalah berusaha untuk
memenuhi kepuasan pelanggan melalui pemahaman perilaku konsumen yang dijabarkan
dalam kegiatan pemasaran yang memadukan kegiatan-kegiatan fingsional lain
(misalnya kegiatan produksi, keuangan, personalia dan sebagainya).
e)
Konsep pemasaran yang memasyarakat
(sosial)
Tujuan kegiatan
perusahaannya adalah disamping berusaha untuk memenuhi kebutuhan masyarakat
juga memperbaiki relasi antara produsen dan masyarakat untuk peningkatan
kesejahteraannya.
f)
Konsep pasar
Adalah anggapan pemasar yang
berorientasi kepada pelanggan dan pesaing-pesaing perusahaan (persaingan pasar)
bahwa produsen perlu mempunyai keunggulan pasar yang bersaing (kompetitif)
untuk dapat memenuhi dan memuaskan pelangan. Kegiatan perusahaanna adalah
berusaha memahami perilaku konsumen dan juga berusaha memahami perilaku pesaing
untuk dapat mengatasi persaingan.
NAMA : CHITRA DEWI SITORUS KELAS / NPM : 3EA10 / 19210476
MATA KULIAH : SOFTSKILL PERILAKU KONSUMEN / TUGAS 1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar