Selasa, 06 November 2012

PENDAHULUAN


Latar Belakang Penelitian
Di Era globalisasi ini yang melanda dunia suatu peluang dan tantangan bisnis baru bagi perusahaan yang beroperasi di Indonesia. Di satu sisi, era globalisasi memperluas pasar produk, tetapi di sisi lain keadaan tersebut dapat menimbulkan persaingan yang tajam, dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin canggih (Sitinjak, 2005). Kesadaran produsen akan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dapat dijadikan peluang bisnis yang potensial bagi perusahaan. Meningkatnya kebutuhan akan penggunaan teknologi telekomunikasi dalam keshidupan saat ini disebabkan karena penggunaan telekomunikasi yang dapat membantu meringankan pekerjaan oleh banyak produsen adalah handphone (ponsel).

Saat ini, perusahaan juga banyak menghadapi persaingan dalam usahanya, tidak hanya satu organisasi saja yang mencoba untuk memenuhi kebutuhan konsumen tersebut tetapi berbagai perusahaan guna mendapatkan pelaggan dan keuntungan yang maksimal. Hal tersebut dapat memacu perusahaan untuk melakukan inovasi dari produknya, dengan menciptakan keunikan dan kelebihan dari produknya agar dapat diminati dan disukai oleh konsumen. Produk menjelaskan sebagai suatu komoditi yang dapat ditukarkan, sedangkan merek menjelaskan pada spesifikasi pelanggannya.

Nokia merupakan merek yang paling didominasi para konsumen dan sangat terjual cepat dipasaran karena sudah dikenal kualitas dari merek tersebut. Serta Nokia  merupakan market leader dalam dunia produk didalam industry teknologi yang sudah dapat pangakuan dari masyarakat Indonesia. Hal tersebut menginspirasikan perusahaan untuk meneliti pemasaran dari suatu produk NOKIA yang bergerak dalam bidang gadget yaitu telepon seluler. Dimana, pada saat ini tengah terjadinya persaingan yang sangat pesat antara gadget-gadget lain, seperti BlackBerry, Samsung, dan iPhone. Keunggulan dari NOKIA adalah dengan menggunakan teknologi layar datar, gambarnya lebih jernih, dan suaranya lebih halus jika dibandingkan Nokia keluaran pertama. Handphone Nokia juga memiliki Fitur yang beragam meskipun harganya relative lebih mahal.

Masalah Penelitian dirumuskan sebagai berikut :
1)    Dengan semakin banyaknya perkembangan produk gadget yang diciptakan. Apakah produk Nokia masih dapat diminati oleh konsumen?
2)      Mulai dari gambar, suara, dan fiturnya merupakan keunggulan dari Nokia. Apakah itu penting bagi konsumen?

Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian adalah :
·         untuk mengetahui segmentasi pasar apa yang akan dilakukan dalam memasarkan produk Nokia.
·         Untuk menganalisis perkembangan Handphone Nokia
·         Untuk mengetahui keunggulan dari Handphone Nokia
·         Untuk memenuhi Tugas Metode Riset. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar