Selasa, 06 November 2012

METODOLOGI PENELITIAN


Populasi dan Sampel
Populasi
Populasi penelitian ini menggunakan mahasiswa dan mahasiswi Universitas Gunadarma sebagai populasi penelitian karena mahasiswa adalah segmen masyarakat yang menjadikan informasi dan komunikasi sebagai suatu kebutuhan sehari-hari, oleh sebab itu handphone sangat dibutuhkan oleh setiap mahasiswa untuk melakukan komunikasi dan pertukan informasi yang dibutuhkan antar mahasiswa dan mahasiswi.
Metode pengambilan populasi ini sangat besar jumlahnya sehingga tidak memungkinkan untuk diteliti secara keseluruhan populasi yang ada, maka dilakukan pengambilan sampel.
Sampel
Sampel adalah bagian dari populasi yang diambil melalui cara-cara tertentu yang juga memiliki karakteristik, jelas, dan lengkap yang dianggap bisa mewakili populasi. Jadi, sampel yang diambil dengan cara memilih elemen-elemen untuk menjadi anggota sampel yang ditentukan secara subjektif sekali. Semua sampel diperoleh dari mahasiswa dan mahasiswi Universitas Gunadarma dibeberapa fakultas yang berada diwilayah Universitas Gunadarma yang menjadi konsumen produk dari handphone Nokia.

            Jenis Data dan Sumber Data
Data Primer
            Data primer dalam penelitian ini diperoleh dengan cara melakukan menyebarkan kuesioner kepada responden. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data primer yaitu melalui wawancara secara langsung kepada individu atau perseorangan dan menyebarkan semua kuesioner yang telah disusun.
Data Sekunder
            Data sekunder adalah data yang diperoleh secara tidak langsung atau laporan historis yang telah disusun dalam arsip yang dipublikasikan atau tidak. Data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini berupa jurnal dan informasi dokumentasi lain yang dapat diambil melalui system online (internet).
Metode Pengumpulan Data
            Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan metode survey dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Skala pengukuran yang dipakai adalah skala Likert Skala Likert yang digunakan untuk mengukur sikap, pendapat, dan persepsi seseorang atau sekelompok orang tentang fenomena social. Skala pengukuran yang dipakai pada kuesioner penelitian penulis adalah skala Likert, yang berupa pernyataan :
§  Sangat Setuju              (SS)      bobot nilai       = 5
§  Setuju                          (S)        bobot nilai       = 4
§  Cukup Setuju               (CS)      bobot nilai       = 3
§  Tidak Setuju                (TS)      bobot nilai       = 2
§  Sangat Tidak Setuju    (STS)    bobot nilai       = 1

Metode Analisis Data
Uji Validitas
            Uji validitas digunakan untuk mengukur sah atau valid tidaknya suatu kuesioner (Ghozali, 2005). Valid berarti instrument yang digunakan dapat mengukur apa yang hendak diukur (Ferdinand, 2006). Suatu kuesioner dikatakan valid jika pertanyaan pada kuesioner mampu untuk mengungkapkan sesuatu yang akan diukur oleh kuesioner tersebut. Misalnya, mengukur keputusan pembeliaan yang terdiri dari lima pertanyaan, maka pertanyaan tersebut harus bisa secara tepat mengungkapkan seberapa besar tingkat keputusan pembelian. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini (content validity) yang  menggambarkan kesesuaian sebuah pengukur data dengan apa yang akan diukur (Ferdinand, 206). Dasar pengambilan keputusan untuk menguji validitas butir angket adalah :
ü  Jika r hitung positif dan r hitung > r table maka valid
ü  Jika r hitung negative dan r hitung < r table maka tidak valid
Uji Reliabilitas
            Reliabilitas merupakan sebuah instrument dapat mengukur sesuatu yang diukur secara konsisten dari waktu ke waktu. Jadi, untuk syarat kualifikasi suatu instrument pengukuran adalah konsistensi atau tidak berubah-ubah (Sugiyono, 2007).
            Dalam penelitian ini jawaban kuesioner yang diperoleh dari kuesioner yang bersifat berjenjang atau tidak bersifat dikotomi (mempunyai dua jawaban alternative), sehingga akan digunakan teknik pengujian dengan metode Alpha Cronbach (Sugiyono, 2007). Alpha Cronbach adalah salah satu koefisien reliabilitas yang paling sering digunakan. Perhitungan Alpha Cronbach dapat menggunakan alat bantu program computer yaitu SPSS for Windows 16 dengan menggunakan model Alpha. Suatu instrument dikatakan reliable jika nilai alpha > 0,600 (Ghozali, 2009).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar