Sabtu, 20 Oktober 2012

PEMASARAN ATAU MARKETING


Pemasaran adalah  kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit atau non-profit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan prusahaan.

Unsur pokok dalam kegiatan pemasaran adalah :

1.      Pemasar
Pemasar adalah organisasi perusahaan atau perorangan yang mempunyai tujuan tertentu bagi organisasi maupun pribadinya. Tujuan pemasar tersebut misalnya keuntungan, survive, pangsa pasar, kesetiaan pelanggan, kesejahteraan dan sebagainya yang harus dipenuhi. Pemasar mempunyai kapasitas (Sumberdaya, Teknologi, dan Manajemen).
Pemasar dapat merupakan :
1)      Produsen (umumnya berorientasi terhadap keuntungan)
2)      Organisasi ( belum tentu berorientasi terhadap keuntungan)
3)      Pemerintah (berorientasi terhadap kesejahteraan umum)

2.      Barang dan Jasa
Apapun bentuk sesuatu yang ditawarkan produsen untuk pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen. Barang dapat bersifat konkret, tidak konkret (jasa) atau kombinasinya.

3.      Pasar
Pasar adalah konsumen pribadi atau organisasi perusahaan yang mempunyai kebutuhan dan keinginan yang berwujud sebagai permintaan terhadap barang atau jasa. Pasar mempunyai kapasitas pertukaran (daya beli) untuk bisa memperoleh barang yang diminta. Daya beli tersebut dapat berwujud penguasaan uang, barang yang bernilai untuk ditukarkan ataupun kepercayaan orang lain bahwa mereka mampu membayar.

4.      Proses Pertukaran
Pertukaran adalah kegiatan dua pihak yang masing-masing memerlukan sesuatu milik pihak yang lain sebagai usaha untuk pemenuhan kebutuhan dan keinginan masing-masing. Pertukaran dapat dilakukan secara barter atau transaksi penjualan denagn syarat-syarat yang disepakati secara layak oleh kedua belah pihak. Dengan demikian, dalam setiap  pertukaran selalu ada proses penciptaan nilai tambah pada masing-masing pihak.

PERKEMBANGAN KONSEP PEMASARAN
Konsep pemasaran perusahaan falsafah atau anggapan yang dipercaya oleh perusahaan sebagai dasar dari setiap kegiatannya untuk melayani kebutuhan konsumen. Konsumen pemasaran ini dalam perjalanan waktuknya mengalami perkembangan (evolusi pemikiran). Perkembangannya adalah sebagai berikut :

a)      Konsep produksi
Adalah anggapan pemasar yang berorientasi kepada proses produksi (internal) bahwa konsumen hanya akan membeli produk-produk yang murah. Dengan demikian, faktor kegiatan perusahaan yang harus dilakukan adalah efisiensi biaya (produksi dan distribusi) agar dapat menjual barang dengan muarah kepada konsumen.

b)     Konsep produk
Adalah anggapan pemasar bahwa konsumen lebih menghendaki produk-produk yang berkualitas atau berpenampilan baik.

c)      Konsep penjualan
Bahwa konsumen perlu dipengaruhi agar penjualan dapat meningkat sehingga tercapai profit maksimum sebagai tujuan perusahaan. Dengan demikian, fokus kegiatan perusahaan adalah usaha-usaha meningkatkan cara-cara penjualan dan kegiatan promosi yang intensif agar mampu mempengaruhi, membujuk (bahkan mungkin memaksa) konsumen untuk membeli sehingga penjualan dapat meningkat.

d)     Konsep pemasaran
Adalah berusaha untuk memenuhi kepuasan pelanggan melalui pemahaman perilaku konsumen yang dijabarkan dalam kegiatan pemasaran yang memadukan kegiatan-kegiatan fingsional lain (misalnya kegiatan produksi, keuangan, personalia dan sebagainya).

e)      Konsep pemasaran yang memasyarakat (sosial)
Tujuan kegiatan perusahaannya adalah disamping berusaha untuk memenuhi kebutuhan masyarakat juga memperbaiki relasi antara produsen dan masyarakat untuk peningkatan kesejahteraannya.

f)       Konsep pasar
Adalah anggapan pemasar yang berorientasi kepada pelanggan dan pesaing-pesaing perusahaan (persaingan pasar) bahwa produsen perlu mempunyai keunggulan pasar yang bersaing (kompetitif) untuk dapat memenuhi dan memuaskan pelangan. Kegiatan perusahaanna adalah berusaha memahami perilaku konsumen dan juga berusaha memahami perilaku pesaing untuk dapat mengatasi persaingan.

NAMA : CHITRA DEWI SITORUS 
KELAS / NPM : 3EA10 / 19210476 
MATA KULIAH : SOFTSKILL PERILAKU KONSUMEN / TUGAS 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar